Suku Dayak,Sejarah Dan Keberagaman Budayanya

Suku Dayak Kalimantan
Etnis

Suku Dayak adalah salah satu etnis dari pulau Kalimantan atau di sebut Borneo yang meliputi juga wilayah malaysia.Gaya hidup yang cenderung primitif dan kurangnya akses informasi dunia modern merupakan ciri kehidupan mereka sehari harinya.sehingga banyak sekali sesuatu yang unik dan menarik untuk kita ketahui dari suku dayak ini.Salah satunya adalah kebudayaan mereka yang akan kita bahas selanjutnya.

Kata Dayak Sendiri Secara Bahasa bukan nama yang merujuk pada suatu kaum atau suku.Panggilan Orang Dayak dalam bahasa sehari hari di kalimantan mengandung arti  sebagai Orang Pedalaman,yang jauh dari tatanan kehidupan modern.Jadi bagi orang kalimantan berbagai suku yang masih jauh dari peradaban modern juga di sebut orang dayak atau orang pedalaman,diantaranya Dayak Punan,Dayak Tunjung,Dayak Kenyah,dan sebagainya.

Corak kebudayaan yang beragam menjadi ciri khas dari suku dayak,macam-macam adat istiadat seperti,model pakaian khas suku dayak,upacara-upacara dan ritual yang unik serta tarian dayak menarik untuk kita simak.Selain itu Mereka juga menpuyai bahasa dan dialek yang khas.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang keberagaman budaya dari suku dayak ini ada baiknya kita simak asal usul dan sejarah dari suku yang mendiami pedalaman pulau Kalimantan ini.Dengan mentela’ah kembali sejarah suku dayak ini di mas silam maka kita akan mengerti mengapa kebudayaan mereka unik dan berbeda dari suku-suku yang lain yang ada di nusantara.berikut penjelasan sejarah nya.

BACA JUGA:MENGENAL LEBIH DEKAT SUKU KUBU DI JAMBI

Sejarah Singkat Suku Dayak Di Masa Lampau

Di ceritakan konon Nenek moyang Suku Dayak berasal usul dari suatu daerah yang bernama Yunan,Negri Cina.Yang Berasal Dari Keturunan Kerajaan Cina Yang Pada Masa Itu Mengalami Kekalahan Pada suatu Pertempuran atau peperangan,kemudian nenek moyang dari Suku Dayak ini mencari tempat yang aman dari kejaran musuh,dalam pelarian ini mereka berpindah dari suatu tempat ke tempat yanga lain sehingga sampai di pulau kalimantan dan menetap di pulau yang biasa di sebut borneo ini.

Dari pengalaman yang kalah dalam peperangan menyisakan trauma yang mendalam sehingga mereka menutup diri untuk bertemu orang yang bukan dari kelompok mereka atau Suku lain.Karena semacam ada kekhawatiran jika berinteraksi dengan kelompok lain akan terjadi konflik sehingga meninbulkan peperangan kembali,Maka Dari itu para leluhur mereka sepakat membuat pantangan untuk tidak berinteraksi dengan kelompok manapun selain dari mereka sendiri.

Seiring berjalannya waktu Suku Dayak banyak mengalami kemajuan,perlahan-lahan generasi Suku Dayak selanjutnya mulai menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di luar dari suku mereka.

Walaupun demikian sebagian generasi suku dayak masih mempertahankan tradisi dan pantangan dari nenek moyang mereka,dengan tetap bertahan untuk tidak menjalin hubungan dengan dunia luar.begitulah sejarah singkat tentang asal usul Suku Dayak.

Dari Kisah perjalanan nenek moyang  Suku Dayak di masa lampau Membuat mereka mempunyai kebudayaan primitif dengan pantangan pantangan tertentu,Berbagai kebudayaan dan tradisi Suku Dayak sangat unik dan menarik untuk kita ketahui berikut pemaparanya.

Kebudayaan Suku Dayak

Berbagai macam kebudayan dan tradisi yang di miliki suku dayak berikut ini sangat menarik untuk kita simak diantaranya;

Pakaian Adat Suku Dayak

Ada dua macam pakaian adat suku dayak yaitu pakaian adat yang di peruntukkan bagi laki-laki dan pakaian adat untuk kaum yang perempuan pakaian adat laki -laki sendiri di namakan Sapei Sadaq.Pakaian adat Sapei Sadaq ini terdiri dari pengikat kepala yang terbuat dari pandan,di peruntukkan bagi urang tua,dengan atasan berupa rompi dan menggunakan cawat pada bagian bawahan yang di sebut juga Abet Kaoq,di lengkapi juga dengan senjata mandau yang di ikatkan pada pinggang.

Untuk Pakaian Adat Suku Dayak Perempuan dinamakan pakaian Ta’a.Tidak jauh berbeda dengan pakaian adat kaum laki-laki ,namun yang membadakan nya adalah pada bagian atasan Yang di sebut Sapei Inoq,sedangkan bawahannya berupa rok.Seluruh pakaian untuk perempuan di beri hiasan berupa manik-manik.

Rumah Adat Suku Dayak

Rumah Adat Suku Dayak

Rumah adat Suku Dayak Biasa di sebut dengan rumah Betang atau di sebut juga rumah panjang.Bentuk rumah betang atau rumah panjang ini adalah di buat panggung,dengan ketinggian 5 meter ,sedangkan lebar rumah ini mencapai 15 meter sedangkan panjang hingga 30 meter,dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam.Rumah adat ini banyak di temukan di daerah hulu sungai yang merupakan pusat tempat tinggal suku dayak di kalimantan.

Rumah adat Betang Berupa rumah Panggung dengan ketinggian mencapai 5 meter berfungsi agar terhindar dari banjir yang sewaktu waktu bisa datang.kebersamaan antar masyarakat suku dayak tercermin dari Rumah Adat Betang.Dengan sistem yang berlaku merujuk pada hukum Adat Yang Telah mendapatkan kesepakatan bersama.

Macam macam Tarian Adat Suku Dayak

Terdapat tiga macam tarian Suku Dayak Diantaranya Adalah Tari Hudoq,Tari Leleng,Serta tari Kancet papatai.Kesemua tarian ini Mempunyai ke khasan yang berbeda beda,dan mengandung makna yang berbeda –beda pula.

Tari Hudoq adalah merupakan ritual yang di lakukan setelah panen padi dari Suku Dayak Modang dan Bahau.Tujuan dari tarian ini adalah untuk mengenang jasa  atau pengorbanan para leluhur mereka.

Tari Leleng,tari leleng adalah tarian para gadis dari suku dayak Kenyah,Tarian ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Utan Along yang di kawinkan secara paksa dengan seorang pemuda yang tidak di cintainya.Sehingga membuat seorang gadis yang bernama Utan Along ini melarikan diri ke hutan.

Tarian Kancet Papatai,Jenis tarian berlatar belakang peperangan,yang mengisahkan seorang pahlawan suku dayak kenyah yang berperang melawan musuh.Gerakan tarian ini menpunyai gerakan penuh semangat,lincah,gesit dan indah di pandang mata.

Alat Musik Tradisional Suku Dayak

Diantara alat musik yang sering di mainkan oleh suku dayak adalah Garantung (sejenis Gong)alat musik yang terbuat dari logam,ada juga alat musik Gandang atau Gendang.Alat musik ini biasa di gunakan untuk mengiringi tarian adat dan lagu lagu tradisional suku dayak.Selain itu suku dayak juga memiliki alat musik tiup seperti,kalali,Tote,dan suling Balawung.

Upacara Adat

Diantara Upacara adat Yang terkenal dari kebudayaan suku dayak adalah Upacara Tiwah,upacara tiwah adalah berupa ritual mengantar tulang urang yang sudah meninggal ke sebuah tempat yaitu rumah kecil yang di sebut Sandung.Upacara ini bagi mereka sangatlah Sakral.

Upacara-upacara semacam ini juga di sertai tarian,suara gong,dan hiburan lainya.masarakat suku dayak juga mempunyai upacara menyambut kelahiran anak,penguburan mayat,dan pembakaran mayat.

Bahasa Adat Suku Dayak

Bahasa Suku Dayak diperkirakan berasal dari bahasa Austronesia yang masuk melalui kalimantan utara selanjutnya menyebar arah timur serta pedalaman kalimantan.Bahasa masyarakat dayak kemudian berkembang seiring datang nya masyarakat lain,seperti masyarakat Melayu Dan orang dari daerah lain. Sehingga suku dayak memiliki banyak bahasa seiring masuknya suku dari daerah lain.

Makanan Khas Suku Dayak

Makanan Khas Suku Dayak Diantaranya Karuang Atau sayuran dari bahan singkong,Wadi makanan berbahan ikan,Singkah(rotan muda)semua jenis makanan ini mereka dapatkan dari sumber daya alam di sekitar mereka.

Demikian sejarah singkat dan kebudayaan Suku Dayak di pedalaman Kalimantan,Suku Dayak merupakan salah satu suku yang ada di indonesia.

suku baduy
Etnis
Suku Baduy, Suku Asli dari Banten

Kearifan lokal yang terdapat di Indonesia sangatlah beragam, saking banyaknya tidak cukup waktu untuk menyebutkan satu per satu. Salah satu yang akan dibahas dalam artikel ini adalah suku Baduy. Suku etnis Sunda ini mendiami Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.             Suku Baduy dibagi ke dalam dua …

Rumah Adat Di Indonesia
Etnis
14 Rumah Adat Di Indonesia Yang Unik Dan Menarik Untuk Di Ketahui

Indonesia memang memiliki banyak sekali keberagaman, mulai dari budaya dan juga suku serta adatnya yang memiliki jumlah ratusan di seluruh nusantara. Salah satunya adalah rumah adat. Dengan keberagaman suku yang dimiliki oleh Indonesia, membuat rumah adat yang ada di Indonesia memiliki jumlah yang banyak sekali, ada puluhan rumah adat di …

orang rimba
Etnis
MENGENAL LEBIH DEKAT SUKU KUBU DI JAMBI

Dahulu ketika saya masih kecil sering mendengar kata “kubu” tapi saya tidak tahu apa arti kata tersebut,seiring waktu baru saya mengetahui arti kata kubu yaitu sebagai salah satu suku atau etnis pedalaman yang mendiami hutan di jambi.Namun saya belum pernah bertemu langsung dengan masyarakat kubu yang juga di sebut “suku …