Suku Baduy, Suku Asli dari Banten

suku baduy
Etnis

Kearifan lokal yang terdapat di Indonesia sangatlah beragam, saking banyaknya tidak cukup waktu untuk menyebutkan satu per satu. Salah satu yang akan dibahas dalam artikel ini adalah suku Baduy. Suku etnis Sunda ini mendiami Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

            Suku Baduy dibagi ke dalam dua golongan yakni Baduy Luar dan Baduy Dalam. Apa yang membedakan keduanya? Baduy Luar merupakan Suku Baduy yang sudah kurang memengang teguh adat dan aturan dengan baik. Baduy Luar sudah terkontaminasi dengan budaya luar. Bahkan penggunaan barang elektronik dan sabun diperkenankan oleh ketua adat untuk membantu aktivitas sehari-hari.

            Sedangkan Baduy Dalam masih menjalankan pikukuj atau aturan adat istiadat saat pelaksanaannya. Mereka masih memegang teguh apa yang diwariskan oleh leluhur Baduy sehingga ajarannya tetap terjaga. Selain itu juga warna pakaian menjadi pembeda antara keduanya. Suku Baduy Luar menggunakan pakaian hitam polos baik baju dan celananya. Sedangkan orang Baduy Dalam menggunakan pakaian putih polos, dengan ikat kepala putih dan celananya berwarna hitam atau biru tua.

            Keunikan yang dimiliki oleh Suku Baduy salah satunya budaya jalan kaki. Tidak hanya orang Jepang yang terkenal dengan budaya jalan kaki, di Indonesia pun ada, khususnya suku Baduy. Mereka akan berjalan kaki kemana pun mereka bepergian. Bahkan saat mengunjungi keluarganya di Kota atau menjual hasil panen, mereka tetap berjalan kaki. Tidak heran jika Suku Baduy memiliki masyarakat yang sehat-sehat.

            Berbicara makanan khas, sebenarnya tidak ada makanan khas yang spesifik dari Suku Baduy. Hanya, bagi masyarakat Baduy ayam merupakan makanan yang mewah. Meskipun masyarakat disana banyak yang memelihara ayam, tetap saja bagi mereka ayam merupakan makanan mewah. Untuk dapat menyembelih dan mengkonsumsi ayam, itu hanya dilakukan pada hari-hari tertentu seperti saat upacara adat atau hari pernikahan.

            Jika anda berniat untuk mengunjungi perkampungan suku Baduy, sebaiknya mulai mempersiapkan diri dan tidak merasa terkejut. Karena, masyarakat suku baduy sangat tradisional dan mengandal alam. Contohnya, untuk mandi saja mereka menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam, tidak menggunakan sabun atau shampo. Batu digunakan oleh mereka untuk menggosok tubuh mereka dari kotoran. Sedangkan serabut kelapa digunakan untuk membersihkan gigi. Suku

            Baduy sangat menjaga kelestarian alam dan menghindari bahan-bahan yang mengandung kimia.

            Rumah adat suku Baduy terlihat sederhana, bentuk dan modelnya pun sama. Masyarakat suku baduy tidak ada yang memiliki rumah yang besar dan mewah. Namun, barangsiapa yang memiliki benda berupa tembikar (kuningan), itulah orang yang dianggap kaya dan tinggi derajatnya meskipun bentuk rumahnya tidak besar dan mewah.

            Hal lain yang menambah khazanah tradisi yang ada pada suku-suku di Indonesia yakni masyarakat suku baduy memiliki tradisi berpuasa selama 3 bulan berturut-turut. Suku Baduy memang tidak menganut Agama Islam, nemun mereka telah melakukan tradisi itu sejak lama. Tradisi berpuasa itu disebut Kawulu, saat tradisi ini berlangsung penduduk luar dilarang berkunjung, hanya diperbolehkan berkunjung ke perkampungan Baduy Luar tetapi tidak boleh menginap. Masyarakat suku baduy menganggap bahwa Kawulu merupakan kegiatan Sakral dan tidak boleh diganggu.

            Sebagaimana disebut di atas, bahwa Suku Baduy sangat mengandal alam dan tidak terpengaruh kemajuan zaman. Mereka memiliki cara sendiri untuk menikmati hidup, hidupnya bersinergi dengan alam. Jika anda ingin berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mentaati aturan adat dan menjaga kebersihan perkampungan Suku Baduy. Terima Kasih.

Suku Dayak Kalimantan
Etnis
Suku Dayak,Sejarah Dan Keberagaman Budayanya

Suku Dayak adalah salah satu etnis dari pulau Kalimantan atau di sebut Borneo yang meliputi juga wilayah malaysia.Gaya hidup yang cenderung primitif dan kurangnya akses informasi dunia modern merupakan ciri kehidupan mereka sehari harinya.sehingga banyak sekali sesuatu yang unik dan menarik untuk kita ketahui dari suku dayak ini.Salah satunya adalah …

Rumah Adat Di Indonesia
Etnis
14 Rumah Adat Di Indonesia Yang Unik Dan Menarik Untuk Di Ketahui

Indonesia memang memiliki banyak sekali keberagaman, mulai dari budaya dan juga suku serta adatnya yang memiliki jumlah ratusan di seluruh nusantara. Salah satunya adalah rumah adat. Dengan keberagaman suku yang dimiliki oleh Indonesia, membuat rumah adat yang ada di Indonesia memiliki jumlah yang banyak sekali, ada puluhan rumah adat di …

orang rimba
Etnis
MENGENAL LEBIH DEKAT SUKU KUBU DI JAMBI

Dahulu ketika saya masih kecil sering mendengar kata “kubu” tapi saya tidak tahu apa arti kata tersebut,seiring waktu baru saya mengetahui arti kata kubu yaitu sebagai salah satu suku atau etnis pedalaman yang mendiami hutan di jambi.Namun saya belum pernah bertemu langsung dengan masyarakat kubu yang juga di sebut “suku …