motif batik minahasa
Sejarah

Minahasa merupakan sebuah kabupaten di sulawesi utara,dan kota tondano sebagai Ibu kotanya.Perlu di ketahui kain tenun dari daerah ini sangat terkenal akan keindahanya Selaras pula dengan keindahan alam dari daerah ini.,Selain itu juga motif kain batik dari daerah ini juga menarik untuk kita ketahui,Batik Minahasa merupakan kekayaan budaya khas dengan goresan kuno sebagai motif batik yang mengarah kepada nilai-nilai budaya serta kearipan lokal masyarakat Minahasa.Diantara motif batik yang paling terkenal dan yang paling mendominasi motif batik minahasa adalah motif berbentuk kuburan para leluhur warga Minahasa yang biasa di sebut dengan sebutan Waruga,Waruga adalah Makam atau kuburan dari para leluhur masyarakat Minahasa yang terbuat dari batu.Yang berbentuk seperti berikut,Bagian atasnya menyerupai bumbungan rumah berbentuk segi tiga,Sedangkan bagian bawahnya berbentuk kotak kubus yang terdapat ruang di bagian tengahnya.




Tatanan motif batik Minahasa pada segitiga bagian atas waruga ini terdapat pula relief yang di sebut tonaas,terdapat dua bagian yang menghiasi yaitu;

Pertama,Tonaas ang kayobaan,berupa sosok laki laki gagah perkasa yang bisa menguasai mahluk lain.

Kedua;Tuama loor atau di sebut juga leos sebagai reprentasi laki laki berbentuk manusia kankang.

Terdapat juga relief berbentuk kembang teratai dengan posisi berlawanan arah pada waruga bagian bawah.Arah gambar kembang teratai ini ada yang menghadap ke atas dan ada yang meng hadap kebawah selang seling membentuk suatau garis yang tersusun dengan baik.Motif Batik inilah yang di namakan motif batik Ma’sungkulan.

Motif-motif batik minahasa yang lain selain kedua motif di atas antara ada lagi seperti,

Motif batik tarawesan paredey,wewengkalen,ma’suiyan,dan masih banyak lagi.motif batik tarawesan paredey biasanya berbentuk geometris yang berbentuk garis-garis merupakan simbol garis kehidupan manusia dari dua arah,atas dan bawah.

Sedangkan motif batik wawengkalen dengan ciri khasnya yaitu,gambar menyerupai mahluk melata seperti ular yang memiliki dua kepala,sebagai lambang keabadian.

Motif batik Ma’suiyan pula menggambarkan bentuk sayap manuk pisok(teteleb ne pisok)motif batik inilah yang paling populer di minahasa.

Sedangkan motif batik karengkom adalah motif batik yang baru ada pada zaman modern seperti sekarang ini dengan melalui tahapan dan kombinasi di antara ragam motif-motif batik minahasa.motif batik ini tergolong baru dan mempunyai ciri khas dari minahasa.

batik indonesia
Sejarah
Sejarah Batik Indonesia Dan Penjelasannya

Batik Indonesia Seni mendekorasi kain menggunakan lilin dan pewarna adalah tradisi kuno dan telah ditemukan di banyak bagian dunia. Namun, pengembangan teknik ke bentuk yang sangat canggih dan rumit yang dikenal sebagai batik pertama terjadi di pulau Jawa, terutama di dalam dan sekitar kota-kota kerajaan Yogyakarta dan Surakarta (biasanya dikenal …

Batik Bali
Sejarah
Rahasia Tersembunyi Pada Kain Batik Bali

Batik Indonesia Bаtіk Bаlі ѕеlаlu mеnјаdі ѕаlаh ѕаtu kаіn dеkоrаtіf уаng раlіng dіhоrmаtі kаrеnа kеkауааn dаn dеtаіl dаlаm mоtіf dаn wаrnа bаtіk. Sеbаgіаn bеѕаr bеrаѕаl dаrі Bаlі, Jаwа dаn dаеrаh lаіn dі Indоnеѕіа, kаіn bаtіk аdаlаh kаіn trаdіѕіоnаl Indоnеѕіа јugа dіkеnаl ѕеbаgаі bаtіk Jаwа. Sеbаgіаn bеѕаr bаtіk mаѕіh bіаѕаnуа dіbuаt …

motif batik aceh
Sejarah
Melihat Sejarah Motif Batik Aceh Dan Penjelasanya

Propinsi Aceh yang sekarang lebih di kenal sebagai Nangro Aceh Darussalam (NAD) Disebut Juga Daerah Istimewa Aceh,terletak paling utara sumatera dan merupakan provinsi paling barat dari wilayah Indonesia.Dengan Kota Banda Aceh Sebagai ibu kota Provinsi.Tidak seperti di pulau jawa pada umumnya,di tanah rencong ini sebenarnya tidak memiliki budaya batik membatik.tetapi …