Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia

batik cirebon
Budaya




Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawig pada 2 Oktober 2009 silam. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita akan memperingati hari batik Nasional. Hal ini mulai membuat dikenal oleh dunia dan dianggap sebagai tren fashion di kalangan anak muda. Jika dahulu penggunaan batik hanya biasa digunakan dalam acara formal dan biasanya hanya orang tua yang menggunakan batik, tapi kini batik telah menjelma menjadi tren fashion terbaru sehingga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Hal ini tidak terlepas dari peranan pemerintah yang gencar memperkenalkan batik ke pada masyarakat Indonesia, khususnya anak muda. Batik memang memiliki banyak sekali corak dan motif. Karena setiap daerah di Indonesia memiliki corak dan motif yang berbeda-beda sehingga membuat batik menjadi begitu beragam dan bisa dibuat menjadi produk fashion apa pun. Mulai dari baju, tas hingga sepatu.

Corak dan motif yang terdapat pada sebuah daerah biasanya menggambarkan kondisi dari daerah itu sendiri, sehingga setiap corak dan motif batik berbeda-beda setiap daerahnya. Ada beberapa corak dan motif batik yang paling terkenal di Indonesia dan berasal dari beberapa daerah.

Berikut Ini Adalah Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia



  1. Batik Pekalongan (Tujuh Rupa)
batik pekalongan
Motif batik pekalongan

Batik Pakalongan biasanya memiliki corak dan motof alam yang menggambarkan suasana daerah Pekalongan. Dengan mencampurkan bentuk hewan dan tumbuhan, batik Pekalongan ini biasanya menampilkan motif perpaduan antara Cina dan Indonesia. Sebab dahulu kala Pekalongan merupakan tempat bersandar para pedagang Cina.

 

  1. Batik Solo (Sogan)
batik solo
motif batik solo

Batik ini merupakan salah satu motif batik yang paling sering ditemui, sebab motif batik khas Solo ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Dengan menampilkan corak tumbuhan atau bungan dengan motif melengkung dan titik dan didominasi oleh warna coklat. Jika dahulu kala motif batik ini hanya digunakan oleh Raja dari Kesultanan Solo, sekarang siapa saja dapat menggunakan batik ini.

 

  1. Batik Madura (Gentongan)
batik madura
motif batik madura

Berbeda dengan batik pada umumnya, batik khas Madura ini memiliki corak dan motif yang sederhana yaitu hanya menampilkan corak tumbuhan atau bunga secara abstrak. Salah satu cirri khas dari batik ini adalah warnanya yang didominasi oleh warna-warna terang seperti merah, hijau, kuning hingga ungu. Sehingga batik ini mudah sekali untuk dikenali. Nama batik gentongan sendiri berasal dari kata gentong yang artinya tempat atau wadah yang terbuat dari gerabah atau tanah liat yang biasanya digunakan untuk mencelupkan batik ke dalam cairan warna.

 

  1. Batik Cirebon (Mega Mendung)
batik cirebon
motif batik cirebon (mega mendung)

Salah satu batik dengan corak dan motif yang cukup terkenal di Indonesia adalah, batik mega mendung khas Cirebon. Meski corak dan motif dari batik ini sendiri cukup sederhana yaitu hanya menampilkan corak awan mendung dan langit yang cerah dengan motif abstrak.



  1. Batik Yogyakarta (Keraton)
batik yogyakarta
batik yogyakarta

Motif batik keraton ini berasal dari kebudayaan masyarakat Jawa yang sangat kental dengan sistem kesultanan dan kekeratonannya. Batik keraton ini menunjukkan lambang kearifan, kebijaksanaan dan juga charisma raja raja Jawa. Sehingga tidak heran jika batik keraton ini dahulu hanya boleh diguanakan oleh keluarga dan warga keraton saja. Tapi sekarang moti batik keraton ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa memandang apakah dia keluarga kerajaan atau tidak.

Budaya
Batik Indonesia Merupakan Identitas Bangsa

Batik Indonesia Indоnеѕіа аdаlаh nеgаrа multіkulturаl уаng tеrdіrі dаrі rіbuаn рulаu dаn ѕuku. Pеrbеdааn dеmоgrаfі dаn gеоgrаfі mеnуеbаbkаn реrbеdааn budауа, tеrmаѕuk раkаіаn уаng dіkеnаkаn оlеh mаѕіng-mаѕіng ѕuku. Bаtіk аdаlаh ѕаlаh ѕаtu раkаіаn уаng сukuр рорulеr, dаn рорulаrіtаѕnуа tеlаh dіkеnаl dі ѕеluruh dunіа. Jіkа Andа Melihat Pada Acara-acara Resmi Prеѕіdеn Indоnеѕіа …

batik jawa barat
Budaya
Beragam Motif Batik Jawa Barat Dan Penjelasanya

Batik jawa barat jika di simak dari cerita masyarakatnya di bawa oleh masyarakat jawa tengah pada masa kerajaan mataram ketika menempuh perjalanan menuju Batavia,pada masa pangeran diponegoro,Dalam sejarah perkembangan batik jawa barat banyak di pengaruhi oleh beberapa kerajaan yang pernah berjaya di jawa barat yaitu rentang tahun 1422 masehi sehingga …

batik indonesia
Budaya
Batik Indonesia Warisan Budaya Nusantara

Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi serta sudah menjadi ciri khas dari budaya Indonesia.Membatik merupakan salah satu mata pencaharian yang ada dalam kehidupan masyarakat. Ragam corak serta warna batik dipicu oleh sebagian efek dari luar, sebagai misal batik Yogyakarta serta Surakarta sebagai pusat batik Jawa dipicu kehidupan keraton, batik “pesisir” timbul pasal lokasinya Berposisi di area pesisir utara pulau jawa layaknya Cirebon, Indramayu, Lasem, Bakaran, Madura serta lain sebagainya dipicu budaya pedagang serta Bali yang banyak dipicu Hindu Motif batik Nusantara kurang lebihnyamenampilkan unsur alam serta budaya dari area mereka masing-masing. Motif-motif batik di …