Mengenal 5 Motif Batik Nusantara Selain Jawa

batik nusantara
Budaya




Menyematkan gelar sebagai hasil kekayaan budaya nusantara pada sebuah kain batik tidaklah sembarangan dilakukan. Jika selama ini batik sangat identik dengan tradisi masyarakat Jawa, tidak demikian adanya. Kain tradisional ini bahkan telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ragam motif yang sangat berbeda dengan batik Jawa, batik-batik dari luar jawa berikut ini tampil sangat sederhana namun memiliki ciri khas yang sangat unik dan dipakai menjadi lebih menarik.

Batik Aceh




Menjadi bagian paling barat dari Indonesia, menjadikan Aceh memiliki panggilan baru sebagai kota Serambi Mekah. Panggilan ini bukanlah tanpa alasan karena pengaruh Islam yang luar biasa kuat di Aceh. Pengaruh Islam yang kuat terlihat dari motif batik yang dibuat masyarakat Aceh. Anda tidak akan pernah melihat motif binatang dalam batik Aceh karena menjadi larangan dalam agama Islam. Namun batik Aceh ini menjadi sangat khas karena menonjolkan paduan antara alam dan budaya dari masyarakat itu sendiri. Biasanya batik Aceh didominasi dengan warna-warna cerah yang membuat kain terlihat unik dan memberikan kesan glamor.

Batik Bali




Berkebalikan dengan Aceh, motif-motif dominan dari batik Bali justru terpengaruh dengan budaya hindu yang sangat kuat. Dalam agama hindu, terdapat beberapa hewan yang memiliki filosofi tertentu. Karena itu batik Bali kental dengan motif-motif hewan sebagai perwakilan simbol dari daerah tertentu di Bali. Motif hewan seperti bangau, naga, kura-kura dan juga rusa terlihat lebih menonjol pada batik Bali. Sekarang ini motif yang digunakan lebih kepada paduan modern dan tradisional yang membuat eksplorasinya tidak terbatas. Bahkan kini banyak kain batik dibuat masyarakat Bali dengan inspirasi segala hal yang ada dan terjadi di Bali.

Batik Bengkulu

Beberapa orang yang masih sangat awam terhadap sejarah dan perkembangan batik di Indonesia, tentu tidak menyangka jika Bengkulu juga memiliki motif batik tersendiri yang sangat dibanggakan. Ciri khas batik Bengkulu ini sangat jelas terlihat karena dominasi huruf arab hingga kaligrafi sangat kuat. Motif-motif bunga seperti raflesia yang menjadi ciri khas Bengkulu juga banyak digunakan. Selain itu batik Bengkulu menggunakan motif burung walet terutama yang berasal dari Bengkulu Selatan. Tidak sedikit batik yang dibuat dengan motif burung walet disandingkan burung Kuau hingga burung Relung Paku juga bermacam-macam jenis burung lainnya.

Batik Minangkabau

Berasal dari tanah Minang menjadikan batik yang dibuat sangat kuat memegang adat rumah Minang. Motif yang digunakan tidak lepas dari ukiran-ukiran rumah adat hingga kain songket yang juga menjadi ciri khas Minang. Banyak motif batik Minangkabau yang cukup populer bahkan banyak dicari kolektor batik, diantaranya Pucuk Rebung, Siku-suku Baragi, Sicam hingga Kalauk Paku. Selain dipengaruhi ukiran rumah adat, batik Minang juga mendapat pengaruh budaya dari India, China, Portugis hingga Melayu. Untuk motif tradisional dari batik Minangkabau biasanya menggunakan kuda laut hingga motif buruan Hong. Biasanya batik Minangkabau dengan motif tradisional lebih sulit dicari.

Batik Papua

Tidak ada yang menyangka, jika bagian dari Indonesi paling timur ini juga memiliki kain batik yang dapat disejajarkan kualitasnya dengan batik Jawa. Biasanya menggunakan warna-warna cerah yag dipadukan dengan motif etnik dan asimetris. Sebagian besar batik Papua menggunakan unsur-unsur alam yang disatukan dengan budaya kesehariannya. Untuk motif hewan yang  biasa digunakan adalah burung Cenderwasih, kadal, cicak, buaya dan banyak lagi. Pemilihan motif dan warna yang unik menjadikan batik Papua terlihat lebih natural dan tidak kalah mempesona dipakai ke acara resmi hingga kasual yang akan Anda datangi nanti.

Budaya
Batik Indonesia Merupakan Identitas Bangsa

Batik Indonesia Indоnеѕіа аdаlаh nеgаrа multіkulturаl уаng tеrdіrі dаrі rіbuаn рulаu dаn ѕuku. Pеrbеdааn dеmоgrаfі dаn gеоgrаfі mеnуеbаbkаn реrbеdааn budауа, tеrmаѕuk раkаіаn уаng dіkеnаkаn оlеh mаѕіng-mаѕіng ѕuku. Bаtіk аdаlаh ѕаlаh ѕаtu раkаіаn уаng сukuр рорulеr, dаn рорulаrіtаѕnуа tеlаh dіkеnаl dі ѕеluruh dunіа. Jіkа Andа Melihat Pada Acara-acara Resmi Prеѕіdеn Indоnеѕіа …

batik jawa barat
Budaya
Beragam Motif Batik Jawa Barat Dan Penjelasanya

Batik jawa barat jika di simak dari cerita masyarakatnya di bawa oleh masyarakat jawa tengah pada masa kerajaan mataram ketika menempuh perjalanan menuju Batavia,pada masa pangeran diponegoro,Dalam sejarah perkembangan batik jawa barat banyak di pengaruhi oleh beberapa kerajaan yang pernah berjaya di jawa barat yaitu rentang tahun 1422 masehi sehingga …

batik indonesia
Budaya
Batik Indonesia Warisan Budaya Nusantara

Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi serta sudah menjadi ciri khas dari budaya Indonesia.Membatik merupakan salah satu mata pencaharian yang ada dalam kehidupan masyarakat. Ragam corak serta warna batik dipicu oleh sebagian efek dari luar, sebagai misal batik Yogyakarta serta Surakarta sebagai pusat batik Jawa dipicu kehidupan keraton, batik “pesisir” timbul pasal lokasinya Berposisi di area pesisir utara pulau jawa layaknya Cirebon, Indramayu, Lasem, Bakaran, Madura serta lain sebagainya dipicu budaya pedagang serta Bali yang banyak dipicu Hindu Motif batik Nusantara kurang lebihnyamenampilkan unsur alam serta budaya dari area mereka masing-masing. Motif-motif batik di …