Beragam Motif Batik Jawa Barat Dan Penjelasanya

batik jawa barat
Budaya





Batik jawa barat jika di simak dari cerita masyarakatnya di bawa oleh masyarakat jawa tengah pada masa kerajaan mataram ketika menempuh perjalanan menuju Batavia,pada masa pangeran diponegoro,Dalam sejarah perkembangan batik jawa barat banyak di pengaruhi oleh beberapa kerajaan yang pernah berjaya di jawa barat yaitu rentang tahun 1422 masehi sehingga masuknya pengaruh agama islam.Akan tetepi belum di temukan catatan sejarah yang pasti kapan batik di jawa barat mulai berkembang.

Berikut Penjelasan beberapa motif batik  Yang ada di jawa barat

Batik Garut

Seperti batik pesisiran batik garut ini biasanya menampilkan warna-warna yang cerah,bedanya terletak pada bagian boket dan sisi lainya yang penuh serta banyak menggunakan warna warna dasar seperti kuning gading(gadingan),krem,biru,dan merah(marun).

Motif batik garutan diantaranya,Motif limar,motif merak ngibing,motif bulu ayam dengan ekor yang panjang melengkung.motif lereng adumanis,motif rereng suluk,rereng daun,rereng calung,bilik,motif rereng peteuy,motif cupat manggu,motif sapu jagat,dan sebagainya.

Batik Cirebon

Motif batik mega mendung adalah diantara motif batik Cirebon yang paling terkenal berupa gumpalan awan sebagai bingkai utama dari motif ini.selain motif mega mendung cirebon  juga bemiliki motif batik Keraton,batik pesisiran,serta batik trusmi,sedangkan untuk pewarnaan batik cirebon di dominasi warna-warna cerah,seperti  warna merah,biru langit,hijau pupus,dan warna pink.

Batik Ciamis

Batik Ciamis di sebut juga batik ciamisan,berbeda dengan batik dari daerah lain yaitu dari corak dan bentuk yang cenderung sederhana atau tidak terlalu rumit,menggambarkan keindahan alam kota ciamis seperti rereng(lereng),atau tebing miring.batik kumali dengan ornamen utama berupa empat bentuk yang mengelilingi inti, dan cupat manggu, motif geometrisnya bergambar buah manggis.

Batik Indramayu

Motif batik Indramayu sendiri banyak di dominasi motif flora dan fauna dengan lengkungan dan garis-garis yang lancip.Dengan warna dasar putih kombinasi  warna kegelapan dengan titik simetris.di tambah bentuk isen-isen(sawut)relatif pendek serta kaku.

Batik Tasik malaya

Motif Batik Tasik Malaya tidak jauh berbeda dengan batik Garutan Cuma yang sedikit berbeda terletak pada warnanya,batik tasik berwarna lebih terang.

Batik Sumedang

Batik sumedang yang juga biasa di sebut batik Kasumedangan lebih di dominasi warna merah,motif batik sumedang mempunyai pola ceplokan sebagai motif utama membentuk garis vertikal dan horizontal.

Batik Kuningan

Batik kuningan biasa juga di kenal dengan nama batik paseban kuningan.motif batik yang terkenal dari daerah ini adalah motif kuda si windu dan ikan yang terinpirasi ikan khas Cigugur kuningan. Konon motif batik ini adalah hasil karya Pangeran Djatikusumah dengan mendalami seni batik paseban yang di anggap punah,sehingga bisa di temukan lagi melalui ukiran dan relief pada geung paseban.Keunikan batik paseban Kuningan terdapat pada motif yang cenderung besar dan tanpa isen-isen dengan warna dasar gelap.diantaranya biru tua,hitam,serta merah hati.

Demikianlah penjelasan tentang batik jawa barat,semoga bermanfaat…

Budaya
Batik Indonesia Merupakan Identitas Bangsa

Batik Indonesia Indоnеѕіа аdаlаh nеgаrа multіkulturаl уаng tеrdіrі dаrі rіbuаn рulаu dаn ѕuku. Pеrbеdааn dеmоgrаfі dаn gеоgrаfі mеnуеbаbkаn реrbеdааn budауа, tеrmаѕuk раkаіаn уаng dіkеnаkаn оlеh mаѕіng-mаѕіng ѕuku. Bаtіk аdаlаh ѕаlаh ѕаtu раkаіаn уаng сukuр рорulеr, dаn рорulаrіtаѕnуа tеlаh dіkеnаl dі ѕеluruh dunіа. Jіkа Andа Melihat Pada Acara-acara Resmi Prеѕіdеn Indоnеѕіа …

batik indonesia
Budaya
Batik Indonesia Warisan Budaya Nusantara

Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi serta sudah menjadi ciri khas dari budaya Indonesia.Membatik merupakan salah satu mata pencaharian yang ada dalam kehidupan masyarakat. Ragam corak serta warna batik dipicu oleh sebagian efek dari luar, sebagai misal batik Yogyakarta serta Surakarta sebagai pusat batik Jawa dipicu kehidupan keraton, batik “pesisir” timbul pasal lokasinya Berposisi di area pesisir utara pulau jawa layaknya Cirebon, Indramayu, Lasem, Bakaran, Madura serta lain sebagainya dipicu budaya pedagang serta Bali yang banyak dipicu Hindu Motif batik Nusantara kurang lebihnyamenampilkan unsur alam serta budaya dari area mereka masing-masing. Motif-motif batik di …

batik jambi
Budaya
Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi. Perlu diketahui …