Tips Memilih Batik Dengan Kualitas Terbaik

tips memilih kain batik
Tips




Pernahkah anda membeli kain batik dan ternyata hasilnya tidak seperti yang anda harapkan, sehingga membuat anda kecewa saat membeli kain batik, karena kualitas yang dimiliki oleh kain batik yang anda beli tidak sebanding dengan harganya. Tidak sedikit orang yang tertipu saat membeli kain bati, karena pengetahuannya mengenai kain batik tidak terlalu banyak. Untuk itu, artikel ini akan memberikan tips memilih kain batik dengan kualitas terbaik.

Meski biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas, sehingga salah satu hal yang patut anda perhatikan saat membeli kain batik, adalah mempertimbangkan harganya. Jika harga kain batik yang anda beli murah, maka jangan harap anda bisa mendapatkan kualitas batik terbaik. Untuk itu, yuk simak tips memilih batik dengan kualitas terbaik, agar anda tidak tertipu pada saat membeli batik.

Berikut Ini Adalah Tips Memilih Kain Batik Dengan Kualitas Terbaik


  1. Perhatikan Jenis Kain Batik

Sebelum memutuskan untuk membeli kain batik, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kain bati. Kain batik sendiri memiliki dua jenis. Yaitu, batik tulis dan batik cap (stamp). Ada perbedaan yang sangat telihat dari jenis batik tulis dan batik cap. Biasanya batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dan tentu saja harganya lebih mahal jika dibanding dengan batik cap. Karena batik tulis sendiri melalui proses yang cukup rumit dalam pembuatannya dan dibutuhkan keterampilan khusus. Berbeda dengan batik cap yang biasanya hanya dibuat dengan cara menempelkan alat untuk membuat motif batik, cara ini terbilang lebih mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Sehingga tidak heran jika harga batik cap lebih murah dibanding batik tulis. Karena selain itu, batik tulis juga diangap memiliki nilai seni tersendiri dan historis tersendiri dalam pembuatannya yang ikut menaikkan harga dari batik tulis.


  1. Perhatikan Jenis Bahan Batik

Setelah mengetahui jenis batik, anda juga harus mengetahui bahan kain yang digunakan untuk membuat bati. Karena bahan kain terbaik dapat membuat batik anda bertahan lebih lama. Salah satu bahan kain yang baik digunakan untuk membuat batik adalah sutra dan katun. Anda juga harus menyesuaikan bahan kain dengan kebutuhan. Misalnya jika batik tersebut digunakan untuk sehari-hari, maka lebih baik anda memilih bahan katun yang lebih lembut dan menyerap keringat. Sementara untuk batik yang hanya digunakan untuk acara tertentu atau acara formal yang biasanya tidak membutuhkan waktu lama, maka lebih baik anda memilih bahan sutra. Karena bahan ini tidak hanya bahan yang memiliki kualitas baik tapi juga nyaman pada saat dikenakan.

  1. Raba Cetakan Warna Batiknya

Sebelum membeli batik, cobalah untuk meraba warna yang terdapat pada kain batik. Pastikan warna yang ada di kain batik tidak menempel atau membekas pada tangan anda. Jika warna kain batik meninnggalkan bekas di tangan, itu artinya pewarna yang digunakan untuk kain batik memiliki kualitas tidak baik. Biasanya pewarna ini akan luntur pada saat dicuci dan membuat kain batik memudar.

  1. Membalik Bahan Batik

Jangan lupa untuk membalik bahan kain batik yang hendak anda beli. Kain batik yang memiliki kualitas terbaik biasanya memiliki cetakan luar dan juga di dalam. Sehingga ketika anda membalik kain batik, motif atau corak dan warna yang ada pada bagian dalam kain batik sama dengan bagian yang ada di luar. Hal ini menunjukkan bahwa kain tersebut telah melalui proses pembuatan batik yang detail sehingga akan lebih awet dari pada kain batik yang bagian luar dan dalamnya tidak sama atau berbeda.

Semoga tips memilih kain batik dengan kualitas terbaik di atas bermanfaat bagi anda, sehingga anda tidak merasakan kekecewaan karena salah membeli batik.

batik tulis
Tips
5 Cara Membedakan Batik Tulis Dan Batik Printing

Seiring dengan perkembangan dunia fashion yang semakin membuat batik dilirik oleh semua kalangan. Jika dahulu batik hanya dianggap sebagai pakaian resmi yang hanya cocok dikenakan oleh orang yang lebih tua dan tidak jarang dianggap ketinggalan zaman. Maka sekarang, batik mulai menjadi tren di kalangan anak muda. Bahkan kini, anak muda …

merawat kain batik
Tips
Menjaga Kualitas Kain Batik Tetap Optimal

Kain batik memang memiliki corak yang sangat indah dan menarik dalam masing-masing motifnya. Maka anda harus bisa merawat dengan baik kain batik tersebut agar bisa awet digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu perawatan dan pencucian yang tepat juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak sampai merusak serat kain. Jenis …