jembatan gental arasy
Wisata

Provinsi Jambi Adalah Sebuah Provinsi Yang Terletak Di Pesisir Timur Tengah Pulau sumatera, Secara geografis Propinsi Jambi terletak antara 0º 45¹ 2º 45¹ LS dan 101º 0¹ – 104º 55 BT dengan wilayah keseluruhan seluas 53.435.72 KM² dengan luas daratan 51.000 Km2 , luas lautan 425,5 Km2 dan panjang pantai 185 Km.



Luas Provinsi Jambi 53.435 km2 dengan jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2010 berjumlah 3.088.618 jiwa (Data BPS hasil sensus 2010) . Jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2006 berjumlah 2.683.289 jiwa (Data SUPAS Proyeksi dari BPS Provinsi Jambi. Jumlah Penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2005 sebesar 2.657.536 (data SUSENAS) atau dengan tingkat kepadatan 50,22 jiwa/km2.Sedangkan sebanyak 46,88% dari jumlah tenaga kerja Provinsi Jambi bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan; 21,58% pada sektor perdagangan dan 12,58% pada sektor jasa. Dengan kondisi ketenaga kerjaan yang sebagian besar masyarakat di provinsi ini sangat tergantung pada hasil pertanian,perkebunan sehingga menjadikan upaya pemerintah daerah maupun pusat untuk mensejahterakan masyarakat adalah melalui pengembangan sektor pertanian.

Jumlah Kabupaten/Kota

Pada Tahun 2008 Provinsi Jambi Mengalami Pemekeran Wilayah Sehingga Propinsi Jambi terbagi menjadi 9 Kabupaten dan 2 Kota yaitu :

1 Kabupaten Batanghari Muara Bulian
2 Kabupaten Bungo Muara Bungo
3 Kabupaten Kerinci Sungaipenuh
4 Kabupaten Merangin Bangko
5 Kabupaten Muaro Jambi Sengeti
6 Kabupaten Sarolangun Sarolangun
7 Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal
8 Kabupaten Tanjung Jabung Timur Muara Sabak
9 Kabupaten Tebo Muara Tebo
10 Kota Jambi Jambi
11 Kota Sungai Penuh Sungai Penuh





Perekonomian

Penunjang Perekonomian Masyarakat Jambi Di Dominasi:

Perkebunan

Perkebunan Karet dan Kelapa Sawit Adalah Yang Paling Banyak Di jumpai di wilayah jambi,Selain itu perkebunan duku dan durian juga banyak seperti di wilayah muaro jambi,terutama kecamatan kumpeh,yang dikenel duku kumpeh.perkebunan kelapa di wilayah tanjung jabung timur dan barat.

Minyak Bumi

Cadangan minyak bumi Provinsi Jambi sebesar 1.270,96 juta m3. Cadangan minyak bumi antara lain terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, struktur Kenali Asam, Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kabupaten Batanghari.

Batubara

Cadangan batubara Provinsi Jambi sebesar 18 juta ton, yang merupakan batubara kelas kalori sedang yang cocok digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Muara Bungo.

Gas Bumi

Cadangan gas bumi Provinsi Jambi sebesar 3.572,44 milyar m3. Cadangan tersebut sebagian besar terdapat di Struktur Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Muara Jambi dengan jumlah cadangan 2.185,73 milyar m3.

FASILITAS UMUM DI KOTA JAMBI

1.Bandara

BANDARA SULTAN THAHA SAYFUDIN

Bandara Sultan thaha Syaifudin Adalah akses Utama Untuk Masuk Ke Kota Jambi Melalui Jalur Udara,Dengan Terminal Barunya Yang Berkonsep Modern Minimalis Dan Telah Berstatus International Airport,Bandara ini Terintegrasi Langsung Dengan Kebun Binatang Taman Rimba Jambi.

2. JEMBATAN DAN MENARA GENTALA  ARASY

MENARA GENTALA ARASY
JEMBATAN GENTALA ARASY PADA MALAM HARI

Jembatan Penyeberangan dan Menara Gentala Arasy Merupakan Icon Baru Kota Jambi,Yang menghubungkan ancol Taman Tanggo Rajo (gubernuran) Dengan Jambi Seberang.Jembatan Ini  Merupakan jembatan pedestrianTerpanjang di Indonesia bahkan di Asia tenggara yang melintasi sungai batang hari. Dan Satu satunya jembatan yang berkelok seperti ular membentuk hurup “S” di Indonesia. Konstruksi Jembatan ini menggunkan mode cable styed sejenis kabel penahan diklim sebgi model ke 2 di dunia. Saya menyarankan untuk melihat view jembatan ini pada malam hari,jembatan ini sangat cantik jika dilihat di tempat wisata Tanggo Rajo(ancol jambi) pada malam hari, di depan jembatan ini terdpat menara gentala arsy yang dibawahnya terdapat meseum melayu jambi dan di atas menara yang berketinggian 85 meter ini kita bisa melihat panorama kota jambi diatasnya,menara ini juga dilengkapi jam kota yang besar . Bila mana Palembang bangga dengan AMPERAnya, Bukit tinggi dengan jam gadangnya, Maka Jambi punya kedua-duanya yaitu GENTALA ARASY.

3.JEMBATAN BATANG HARI 2

JEMBATAN BATANG HARI 2

Merupakan jembatan Terpanjang ke 2 di Indonesia setalah Jembatan Suramadu dengan panjang 1.300 Meter.

4.KANTOR GUBERNUR PROVINSI JAMBI

KANTOR GUBERNUR JAMBI

Kantor Gubernur yang termasuk salah satu kantor Gubernur Termegah di Indonesia yang memiliki taman-taman terawat. Kantor Gubrenur yang mengambil konsep desain  Melayu-Romawi  yang juga dirancang sebagai tempat rekreasi dan wisata ini semakin cantik jika dilihat malam hari dengan sorot lampu yang indah. selain Gedung di dalam komplek kantor gubernur ini anda disuguhi relief-relief sejarah

5.MASJID SERIBU TIANG

MESJID AGUNG ALFALAH

Masjid Ini Di panggil Masjid Seribu Tiang Karena Masjid Ini Menpunyai Banyak Tiang Penyangga Yang Sangat Rapat,Masjid Ini Sebenarnya Adalah Mesjid Agung Alfalah.Masjid Terbesar Di jambi. Indonesia. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid 1000 Tiang, meskipun jumlah tiangnya hanya 256 buah.Masjid ini dibangun pada tahun 1971 dan selesai pada tahun 1980. Bangunan masjid ini memang hanya seperti sebuah pendopo terbuka dengan banyak tiang penyangga dan satu kubah besar di atasnya. Bentuk bangunan dengan konsep keterbukaan tanpa sekat seperti ini menghasilkan konsep ramah.Demikian serba serbi provinsi jambi semoga bermanfaat.

pulau berhala jambi
Wisata
SPOT WISATA ALAM JAMBI

Jika anda berkunjung ke Provinsi Jambi,Ada Banyak Spot Wisata Alam Yang Rugi Bila Di Lewatkan,Banyak Yang Belum Mengetahui Bahwa Jambi Banyak Memiliki Lokasi Wisata Yang Menarik Untuk Di Kunjungi,Bahkan Masyarakat Jambi Sendiri Banyak Belum Mengetahui Lokasi Wisata Di Jambi,Berikut Akan Saya Tampilkan Beberapa Lokasi Wisata Yang Rugi Bila Di Lewatkan …