motif batik semarang
Sejarah



Semarang Jawa Tengah memiliki sebutan kota atlas,sebagai pusat kota sekaligus ibukota Jawa Tengah.Sebenarnya tidak begitu banyak yang mengetahui bahwa di kota ini juga menghasilkan banyak kerajinan batik.

Batik Semarang juga memiliki sebutan Batik Semarangan. Pada zaman pendudukan belanda,di desa  Rejomulyo konon sudah terdapat pengrajin batik,di beritakan pula pada zaman Jepang ada kebakaran yang melanda desa ini.Baru Pada tahun 1980 sentra kerajinan batik di kembangkan kembali oleh15 sampai 20 perajin batik.Untuk menghindari dampak  pencemaran lingkungan,sentra batik di kampung batik dipindahkan ke lokasi Desa Cangkiran Kecamatan Mijen.

Ternyata oleh karena usia para perajin yang semakin tua dan tidak adanya generasi yang meneruskan industri batik di desa Cangkiran Kecamatan Mijen tidak berkembang. Industri batik tersebut hilang, Baru pada tahun 2006, industri batik di kampung ini mulai dibangun kembali.

Pembinaan, lebih secara teknis mengenai dasar cara pembuatan, gambar, pewarnaan, pencelupan warna natural alam, sampai menimba ilmu dengan magang ke lokasi industri batik di kota batik seperti Jogja, Solo maupun Pekalongan. Tahun 2007, dimulai sebuah seminar tentang batik berfokus pada pembahasan apa dan bagaimana motif atau corak ragam hias batik Semarang.

Di era  sekarang batik tulis mulai kembali diminati, oleh orang luar maupun masyarakat Indonesia sendiri, karena upaya pemerintah pusat mau pun daerah sebagai pilar utama pelestarian budaya kita dengan mengadakan pelatihan membatik dimana-mana dan berusaha untuk memasar kan produksi batik dengan lebih baik. dilakukan oleh berbagai elemen lembaga kemasyarakatan yang dinaungi oleh pemerintah setempat, termasuk di Kota Semarang.

Sehingga membuat banyak pengusaha batik pun mulai bermunculan kembali, meski jumlahnya tidak signifikan seperti dahulu.Kampung Batik juga mulai kembali dihidupkan oleh pemerintah setempat,

Di tambah lagi sekarang sudah banyak pengusaha batik yang menjual produk mereka secara online sehingga membuat penjualan lebih mudah di lakukan,bahkan dibangun juga Balai Batik Semarang di wilayah ini sebagai wujud kebangkitan ekonomi kerakyatan untuk mengulang kembali kejayaan masa lalu, juga digunakan untuk mengembangkan kawasan wisata budaya baru.



Tidak mudah memang untuk menemukan kembali motif-motif batik tulis asli Semarangan. Para pengrajin batik yang baru mengawali usaha batik tulis kemudian menggali kembali referensi sejarah batik melalui buku-buku tentang batik. Berangkat Dari situ mereka menemukan foto-foto klasik batik Semarangan yang dimiliki orang-orang Belanda jaman dulu, selanjutnya direproduksi.

Berikut adalah gambar motif batik semarang

Motif Blekok
Motif Batik Blekok



motif batik asam tugu
motif batik asam tugu

 

motif lawang sewu
motif lawang sewu

 

motif batik sri ratu
motif batik sri ratu



motif batik aceh
Sejarah
Melihat Sejarah Motif Batik Aceh Dan Penjelasanya

Propinsi Aceh yang sekarang lebih di kenal sebagai Nangro Aceh Darussalam (NAD) Disebut Juga Daerah Istimewa Aceh,terletak paling utara sumatera dan merupakan provinsi paling barat dari wilayah Indonesia.Dengan Kota Banda Aceh Sebagai ibu kota Provinsi.Tidak seperti di pulau jawa pada umumnya,di tanah rencong ini sebenarnya tidak memiliki budaya batik membatik.tetapi …

motif batik minahasa
Sejarah
Penjelasan Tentang Batik Minahasa Berikut Sejarahnya

Minahasa merupakan sebuah kabupaten di sulawesi utara,dan kota tondano sebagai Ibu kotanya.Perlu di ketahui kain tenun dari daerah ini sangat terkenal akan keindahanya Selaras pula dengan keindahan alam dari daerah ini.,Selain itu juga motif kain batik dari daerah ini juga menarik untuk kita ketahui,Batik Minahasa merupakan kekayaan budaya khas dengan …

sejarah batik jambi
Sejarah
Awal Mula Lahirnya Batik Jambi

Batik Jambi awalnya tertulis pada makalah yang di buat EM. Gosling dalam berita mingguan Kolonial “TIMUR serta BARAT” nomor 52 tahun 1929 serta Nomor 2 tahun 1930. Di sini di terangkan jikalau inventor Batik di wilayah Jambi ialah Tasilo Adam serta ia menyebar berita di bulan Januari 1928 buat selanjutnya disebar luaskan kepada rakyat dengan perantaraan Resident Jambi Tuan Ezarman kala itu. Menurut berita ini kerajinan tangan Batik …