Mengenal 5 Motif Batik Nusantara Selain Jawa

batik nusantara
Budaya




Menyematkan gelar sebagai hasil kekayaan budaya nusantara pada sebuah kain batik tidaklah sembarangan dilakukan. Jika selama ini batik sangat identik dengan tradisi masyarakat Jawa, tidak demikian adanya. Kain tradisional ini bahkan telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ragam motif yang sangat berbeda dengan batik Jawa, batik-batik dari luar jawa berikut ini tampil sangat sederhana namun memiliki ciri khas yang sangat unik dan dipakai menjadi lebih menarik.

Batik Aceh

Menjadi bagian paling barat dari Indonesia, menjadikan Aceh memiliki panggilan baru sebagai kota Serambi Mekah. Panggilan ini bukanlah tanpa alasan karena pengaruh Islam yang luar biasa kuat di Aceh. Pengaruh Islam yang kuat terlihat dari motif batik yang dibuat masyarakat Aceh. Anda tidak akan pernah melihat motif binatang dalam batik Aceh karena menjadi larangan dalam agama Islam. Namun batik Aceh ini menjadi sangat khas karena menonjolkan paduan antara alam dan budaya dari masyarakat itu sendiri. Biasanya batik Aceh didominasi dengan warna-warna cerah yang membuat kain terlihat unik dan memberikan kesan glamor.

Batik Bali




Berkebalikan dengan Aceh, motif-motif dominan dari batik Bali justru terpengaruh dengan budaya hindu yang sangat kuat. Dalam agama hindu, terdapat beberapa hewan yang memiliki filosofi tertentu. Karena itu batik Bali kental dengan motif-motif hewan sebagai perwakilan simbol dari daerah tertentu di Bali. Motif hewan seperti bangau, naga, kura-kura dan juga rusa terlihat lebih menonjol pada batik Bali. Sekarang ini motif yang digunakan lebih kepada paduan modern dan tradisional yang membuat eksplorasinya tidak terbatas. Bahkan kini banyak kain batik dibuat masyarakat Bali dengan inspirasi segala hal yang ada dan terjadi di Bali.

Batik Bengkulu

Beberapa orang yang masih sangat awam terhadap sejarah dan perkembangan batik di Indonesia, tentu tidak menyangka jika Bengkulu juga memiliki motif batik tersendiri yang sangat dibanggakan. Ciri khas batik Bengkulu ini sangat jelas terlihat karena dominasi huruf arab hingga kaligrafi sangat kuat. Motif-motif bunga seperti raflesia yang menjadi ciri khas Bengkulu juga banyak digunakan. Selain itu batik Bengkulu menggunakan motif burung walet terutama yang berasal dari Bengkulu Selatan. Tidak sedikit batik yang dibuat dengan motif burung walet disandingkan burung Kuau hingga burung Relung Paku juga bermacam-macam jenis burung lainnya.

Batik Minangkabau

Berasal dari tanah Minang menjadikan batik yang dibuat sangat kuat memegang adat rumah Minang. Motif yang digunakan tidak lepas dari ukiran-ukiran rumah adat hingga kain songket yang juga menjadi ciri khas Minang. Banyak motif batik Minangkabau yang cukup populer bahkan banyak dicari kolektor batik, diantaranya Pucuk Rebung, Siku-suku Baragi, Sicam hingga Kalauk Paku. Selain dipengaruhi ukiran rumah adat, batik Minang juga mendapat pengaruh budaya dari India, China, Portugis hingga Melayu. Untuk motif tradisional dari batik Minangkabau biasanya menggunakan kuda laut hingga motif buruan Hong. Biasanya batik Minangkabau dengan motif tradisional lebih sulit dicari.

Batik Papua

Tidak ada yang menyangka, jika bagian dari Indonesi paling timur ini juga memiliki kain batik yang dapat disejajarkan kualitasnya dengan batik Jawa. Biasanya menggunakan warna-warna cerah yag dipadukan dengan motif etnik dan asimetris. Sebagian besar batik Papua menggunakan unsur-unsur alam yang disatukan dengan budaya kesehariannya. Untuk motif hewan yang  biasa digunakan adalah burung Cenderwasih, kadal, cicak, buaya dan banyak lagi. Pemilihan motif dan warna yang unik menjadikan batik Papua terlihat lebih natural dan tidak kalah mempesona dipakai ke acara resmi hingga kasual yang akan Anda datangi nanti.

batik jambi
Budaya
Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi. Perlu diketahui …

batik cirebon
Budaya
Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia

Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawig pada 2 Oktober 2009 silam. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita akan memperingati hari batik Nasional. Hal ini mulai membuat dikenal oleh dunia dan dianggap sebagai tren fashion di kalangan anak muda. Jika dahulu penggunaan batik hanya …

batik tulis
Budaya
Jenis Batik Nusantara Berdasarkan Cara Pembuatannya

Bangsa Indonesia adalah negara yang memiliki ratusan budaya. Dinatara budaya-budaya tersebut, terdapat satu yang telah mendunia, yaitu batik. Sejak masa Indonesia masih berupa Nusantara yang terdiri dari beberapa kerajaan, batik telah mendarah daging di kalangan masyarakat. Sejarahnya pun telah bermula beratus-ratus tahun yang lalu. Berkat pelestarian tradisi secara turun-temurun sampai …