motif batik aceh
Sejarah




Propinsi Aceh yang sekarang lebih di kenal sebagai Nangro Aceh Darussalam (NAD) Disebut Juga Daerah Istimewa Aceh,terletak paling utara sumatera dan merupakan provinsi paling barat dari wilayah Indonesia.Dengan Kota Banda Aceh Sebagai ibu kota Provinsi.Tidak seperti di pulau jawa pada umumnya,di tanah rencong ini sebenarnya tidak memiliki budaya batik membatik.tetapi di sini banyak di temukan hasil dari kerajinan batik yang berkmungkinan di bawa oleh perantau dari pulau jawa pada masa dahulu,ketika pada jaman kerajaan dahulu penduduk aceh sudah mengenal dan sudah menyandang batik tulis dalam keseharianya,namun tidak terdapat kepastian catatan sejarah tahun berapa mulai ada pendatang dari pulau jawa di aceh.

Sejarah Batik Aceh

Dilihat dari segi motif,batik Aceh terkesan unik dan mempunyai ciri khas yaitu penggunaan unsur alam dan budaya aceh untuk paduan warnanya.warna-warna cerah Seperti,hijau,merah muda,kuning,merah,dan sebagainya.warna-warna ini terlihat unik dan glamor,motif batik di sini jarang terlihat menggunakan gambar mahluk bernyawa,seperti hewan,di karenakan larangan syariat Islam,pengaruh Islam yang kuat di sini membuat larangan ini selalu di jaga.

Motif Batik Aceh

Motif batik Aceh Mempunyai makna dan filosofi yang luhur dalam kehidupan yang membuat kearifan budaya serta pedoman bagi masyarakatnya,Di antara motif batik aceh yang terkenal adalah,Motif tolak angin,motif pintu aceh,motif bungong jeumpa,motif pucok reubong,motif awan berarak,motif gayo,motif rencong,dan motif awan meucanek

Motif Tolak Angin

Motif tolak angin merupakan gambar ventilasi yang terdapat pada rumah adat aceh,motif ini melambangkan keterbukaan masyarakat aceh dan umumnya mudah menerima perbedaan budaya maupun prinsip orang lain.

Motif Pintu Aceh

Menggambarkan pintu dengan ukuran yang rendah bermakna kepribadian masyarakat Aceh yang rendah hati,lapang dada dan selalu bersabar,dilihat dari bentuk rumah adat aceh pada umumnya memang memiliki ukuran pintu yang relatip rendah,namun mempunyai ruangan yang luas dan lapang.filosofinya adalah bahwa masyarakat aceh memiliki kepribadian serta adat yang tidak mudah terbuka terhadap masyarakat luar,akan tetapi terkesan penuh kehangatan bagai sudara jika sudah saling kenal dan duduk bersama.

Motif Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa atau bungo jeumpa juga di jadikan sebagai motif batik aceh,karena bunga ini sangat banyak tumbuh di aceh dan mempunyai bentuk yang sangat indah.

Motif Rencong

Rencong merupakan senjata tajam tradisional masyarakat aceh yang di pakai sebagai senjata dalam perang,termasuk yang di gunakan para pahlawan dari daerah ini dalam perang merebut kemerdekaan.kemudian bentuk dari senjata khas aceh ini dituangkan juga sebagai motif batik dari daerah ini.yaitu motif batik rencong.

Pasca musibah tsunami di aceh batik mulai di galakkan dengan memberikan pembinaan kepada masyarakat yang di lakukan pemerintah aceh,melalui Dekranas.berpusat di kota banda Aceh dan Lhokseumawe,Dengan menghadirkan para mentor batik dari pulau jawa untuk melatih para pengrajin batik aceh.Batik Aceh kini semakin terkenal dan menambah khazanah budaya batik di Indonesia.

motif batik minahasa
Sejarah
Penjelasan Tentang Batik Minahasa Berikut Sejarahnya

Minahasa merupakan sebuah kabupaten di sulawesi utara,dan kota tondano sebagai Ibu kotanya.Perlu di ketahui kain tenun dari daerah ini sangat terkenal akan keindahanya Selaras pula dengan keindahan alam dari daerah ini.,Selain itu juga motif kain batik dari daerah ini juga menarik untuk kita ketahui,Batik Minahasa merupakan kekayaan budaya khas dengan …

sejarah batik jambi
Sejarah
Awal Mula Lahirnya Batik Jambi

Batik Jambi awalnya tertulis pada makalah yang di buat EM. Gosling dalam berita mingguan Kolonial “TIMUR serta BARAT” nomor 52 tahun 1929 serta Nomor 2 tahun 1930. Di sini di terangkan jikalau inventor Batik di wilayah Jambi ialah Tasilo Adam serta ia menyebar berita di bulan Januari 1928 buat selanjutnya disebar luaskan kepada rakyat dengan perantaraan Resident Jambi Tuan Ezarman kala itu. Menurut berita ini kerajinan tangan Batik …

motif batik semarang
Sejarah
Motif Batik Semarang Dan Sejarahnya

Semarang Jawa Tengah memiliki sebutan kota atlas,sebagai pusat kota sekaligus ibukota Jawa Tengah.Sebenarnya tidak begitu banyak yang mengetahui bahwa di kota ini juga menghasilkan banyak kerajinan batik. Batik Semarang juga memiliki sebutan Batik Semarangan. Pada zaman pendudukan belanda,di desa  Rejomulyo konon sudah terdapat pengrajin batik,di beritakan pula pada zaman Jepang …