Jenis – Jenis Motif Batik Nusantara

batik klasik
Budaya

Batik merupakan salah satu hasil kebudayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Berkat keunikannya, batik pun telah diresmikan sebagai salah satu hasil kebudayaan yang dilindungi oleh UNESCO. Batik berasal dari kata amba serta tik yang dapat diartikan sebagai menulis titik. Lebih jelasnya, batik merupakan hasil lukisan cairan lilin malam di selembar kain. Pada kesembatan kali ini, akan disajikan beberapa macam jenis motif batik nusantara.



1.Batik Klasik

Batik klasik merupakan sebutan lain untuk batik tradisional. Batik-batik jenis ini biasanya memiliki makna filosofis yang mendalam. Pada umumnya, batik klasik menyimpan kepercayaan dari para pembuatnya. Secara visual, batik klasik biasanya mengambil warna-warna gelap. Gabungan antara motif yang digambarkan serta pewarnaannya membuat batik klasik memiliki kewibawaan serta keseriusan. Beberapa daerah yang menghasilkan batik klasik diantaranya adalah Yogyakarta, Solo, serta Semarang.

Batik klasik memiliki banyak motif yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yaitu:

a.Batik sido mukti

Batik ini melambangkan makna kemakmuran serta harapan agar mendapat kebahagiaan baik lahir maupun batin. Sehingga, motif batik ini merupakan yang paling sering digunakan ketika ada pernikahan.




b.Batik sido luhur

Kata sido dalam motif batik ini berasal dari bahasa jawa yang artinya sudah terlaksana atau jadi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa nama motif batik sido luhur adalah menjadi luhur. Makna yang tersimpan di dalam batik ini adalah harapan agar mendapat kehidupan yang luhur, terhormat, serta bermartabat. Selain itu, harapan agar mempunyai kesehatan rohani dan jasmani juga merupakan makna filosofis yang lain dari batik ini.

2.Batik Pekalongan

Apabila batik klasik didominasi oleh warna gelap, lain halnya dengan batik pekalongan. Batik ini justru diisi dengan berbagai macam corak warna. Bahkan, kota Pekalongan pun sering dijuluki sebagai kota batik di Indonesia karena kekhasan batiknya. Selain itu, banyak juga pengrajin batik yang berasal dan mengembangkan bisnisnya di kota ini. Ditambah lagi, terdapat museum yang mengabadikan perjalanan batik di kota ini.

Selain warna, kualitas batik pekalongan juga patut diacuingi jempol. Desainnya pun sangat beragam dan berkembang sesuai perkembanagn jaman. Hal ini dikarenakan batik pekalongan telah mendapat pengaruh dari beberapa kebudayaan seperti Tiongkok, Jepang, serta Belanda sejak Indonesia masih memperjuangkan kemerdekaannya dahulu. Namun, bukan berarti bahwa perbedaan ini lantas membuat batik pekalongan menjadi yang terbaik dan mengalahkan batik klasik atau batik-batik lainnya. Masing-masing tetap memiliki kekhasan dan tempat di hati setiap orang.

Salah satu motif yang paling terkenal dari batik pekalongan adalah batik hokokai. Batik ini lahir ketika masa penjajahan Jepang. Motifnya terdiri dari bunga dan kupu-kupu dengan kombinasi warna yang apik. Apabila dibentangkan, maka kain batik ini akan menggambarkan suasana pagi dan sore.

3.Batik Kontemporer

Jenis motif batik nusantara ini merujuk pada motif-motif batik modern. Pada umumnya batik ini dikembangkan oleh anak-anak muda yang sumber inspirasinya tidak melulu dari motif-motif yang sudah ada. Motif dari batik kontemporer cenderung dikemas dalam warna-warni yang lebih berani. Selain itu, desainnya juga unik dan lain dari pada batik pada umumnya. Sehingga, tidak heran jika banyak orang memilih batik ini untuk dijadikan busana pada acara-acara non formal.

Itulah semua informasi tentang jenis motif batik nusantara yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memahami batik lebih dalam.

batik jambi
Budaya
Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi. Perlu diketahui …

batik cirebon
Budaya
Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia

Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawig pada 2 Oktober 2009 silam. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita akan memperingati hari batik Nasional. Hal ini mulai membuat dikenal oleh dunia dan dianggap sebagai tren fashion di kalangan anak muda. Jika dahulu penggunaan batik hanya …

batik nusantara
Budaya
Mengenal 5 Motif Batik Nusantara Selain Jawa

Menyematkan gelar sebagai hasil kekayaan budaya nusantara pada sebuah kain batik tidaklah sembarangan dilakukan. Jika selama ini batik sangat identik dengan tradisi masyarakat Jawa, tidak demikian adanya. Kain tradisional ini bahkan telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ragam motif yang sangat berbeda dengan batik Jawa, batik-batik dari luar …