Jenis Batik Nusantara Berdasarkan Cara Pembuatannya

batik tulis
Budaya

Bangsa Indonesia adalah negara yang memiliki ratusan budaya. Dinatara budaya-budaya tersebut, terdapat satu yang telah mendunia, yaitu batik. Sejak masa Indonesia masih berupa Nusantara yang terdiri dari beberapa kerajaan, batik telah mendarah daging di kalangan masyarakat. Sejarahnya pun telah bermula beratus-ratus tahun yang lalu. Berkat pelestarian tradisi secara turun-temurun sampai sekarang bangsa Indonesia memiliki berbagai macam jenis batik nusantara berdasarkan cara pembuatannya. Apa sajakah itu?



  1. Batik tulis

Dibandingkan dengan jenis-jenis batik yang lain, batik tulis memiliki nilai seni yang tertinggi. Mengapa? Karena, hanya akan ada satu batik tulis di dunia. Meski menggunakan pola atau motif yang sama, hasil yang didapat tidak mungkin sama, meski masih serupa. Keeksklusifan inilah yang membuat batik tulis berharga mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik ini yang juga sangat spesial dan menuntut kerja ekstra. Batik tulis adalah batik yang 100% pembuatannya menggunakan pengerjaan tangan. Semua proses dilakukan tidak dengan bantuan alat cap atau print, hanya menggunakan canting. Apabila terdapat motif berulang pun maka hal itu berarti pembuat harus mencanting motifnya berulang-ulang. Untuk menghasilkan batik tulis yang rapi, maka dibutuhkan daya konsentrasi dan kesabaran yang tinggi.

  1. Batik cap

Dahulu kala, proses pembuatan batik memang menggunakan cantingan tangan secara manual. Namun, ketika batik mulai menuai kepopuleritasannya, permintaan batik di berbagai daerah pun meningkat drastis. Sehingga, pada sekitar abad k-19 para pengrajin batik memutar otak agar bisa menghasilkan batik dengan jumlah yang banyak, namun tetap bagus, dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

Metode cap pun mulai digunakan sebagai terobosan. Pengrajin menggunakan lempengan besi ataupun tembaga dengan motif yang sudah disesuaikan. Kemudian, lempengan tersebut dicelupkan ke dalam malam di atas permukaan kain. Cara ini terbukti ampuh untuk menghasilkan batik sesuai dengan target yang terus membludak. Bahkan, sampai sekarang pun cara ini masih dilakukan oleh banyak pengrajin batik.

  1. Batik cetak sablon




Batik nusantara jenis ini sesungguhnya tidak terlalu berbeda dengan batik cap. Tekniknya sama-sama menggunakan cetakan agar pengerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan mendapatkan hasil yang banyak. Perbedaan antara batik cap dan batik cetak sablon terletak pada cetakan yang digunakan. Jika pada batik cap biasanya hanya menggunakan cetakan berukuran kecil, batik cetak sablon sebaliknya. Alat yang digunakan bernama plangkan dan rakel. Alat ini berukuran besar dan biasa digunakan untuk membuat sablon pada kaos. Karena mengadaptasi dari penyablonan kaos, batik jenis ini lebih mudah untuk dikerjakan karena tidak perlu menggunakan malam.

  1. Batik printing

Batik jenis ini adalah batik yang kerap kali menimbulkan kesalahpahaman dengan batik cetak sablon. Secara sederhana, pembeda dari kedua batik tersebut adalah pada yang mengerjakan. Batik cetak sablon dikerjakan oleh manusia (meski dengan bantuan mesin sablon), namun jika batik printing adalah batik yang dikerjakan menggunakan mesin. Pola-pola yang ada pun tidak lepas dari buatan mesin. Batik jenis ini memiliki harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan jenis-jenis batik nusantara yang lain.

  1. Batik lukis

Sesuai dengan namanya, pembuatan batik jenis ini sama seperti ketika sedang melukis. Sehingga tidak dibutuhkan adanya canting ataupun malam. Pelukisannya dikerjakan dengan tangan menggunakan kuas sebagai pengganti canting. Sementara pewarnaannya menggunakan cat minyak. Batik ini pun dapat digolongkan sebagai karya seni, yang terkadang mampu menembus harga jutaan rupiah.

batik jambi
Budaya
Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi. Perlu diketahui …

batik cirebon
Budaya
Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia

Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawig pada 2 Oktober 2009 silam. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita akan memperingati hari batik Nasional. Hal ini mulai membuat dikenal oleh dunia dan dianggap sebagai tren fashion di kalangan anak muda. Jika dahulu penggunaan batik hanya …

batik nusantara
Budaya
Mengenal 5 Motif Batik Nusantara Selain Jawa

Menyematkan gelar sebagai hasil kekayaan budaya nusantara pada sebuah kain batik tidaklah sembarangan dilakukan. Jika selama ini batik sangat identik dengan tradisi masyarakat Jawa, tidak demikian adanya. Kain tradisional ini bahkan telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ragam motif yang sangat berbeda dengan batik Jawa, batik-batik dari luar …