Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya

batik jambi
Budaya




Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi.

Perlu diketahui bahwa, Jambi merupakan salah satu daerah yang ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan pakaian batik ke masyarakat di Indonesia dan juga manca Negara.

Jambi sendiri memiliki motif dan corak batik yang sangat unik. Khas batik dari luar Pulau Jawa. Jika dilihat dari sejarahnya, batik Jambi berasal dari kelas bangsawan pada masa lalu. Sehingga tidak heran jika batik Jambi memiliki motif dan karakteristik yang mewah dengan corak warna yang elegant khas bangsawan. Selain itu, motif batik Jambi memiliki makna dan arti yang mendalam.

Berikut Ini Adalah Beragam Motif Batik Jambi Dan Penjelasannya:


  1. Motif Kapal Sangat
motif kapal sanggat
Motif Kapal Sanggat

Motif batik Kapal Sangat atau bisa juga disebut dengan Kapal Karam, pada motif batik ini tergambar jelas dua jenis kapal yang amat sangat berbeda. Kapal pertama merupakan kapal sangat yang memiliki tiga bendera. Sementara kapal kedua merupakan kapal dengan empat bendera. Kapal dengan tiga bendera mewakili masyarakat peladang sementara kapal dengan empat bendera melambangkan masyarakat maritime atau pesisir.


  1. Motif Duren Pecah
motif durian pecah
motif durian pecah

Motif batik Jambi durian pecah mengambarkan dua bagian kulit durian yang terbelah tetapi masih terpaut antara pangkal tangkainya. Dua belah kulit durian tersebut memiliki arti yang terdapat pada masing-masing bagiannya. Bagian pertama memiliki makna pondasi iman dan taqwa. Sementara bagian yang satunya memiliki arti ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa makna dari motif batik Jambi Duren Pecah ini adlaah, melaksanakan pekerjaan berlandaskan iman dan juga taqwa dan didukung dengan penguasaan ilmu serta teknologi. Maka akan memberikan hasil terbaik bagi yang menjalankannya serta keluarga dan sekelilingnya.

 

  1. Motif Kuao Berhias

Pada batik Jambi motif Kuao Berhias memiliki gambar seekor burung Kuao yang sedang bercermin sembari mengepakkan sayapnya, yang dimaknai dengan pengenalan diri. Sehingga pada motif batik Jambi ini menggambarkan burung yang sedang berkaca atau bercermin. Pada dasarnya burung ini hanya satu, akan tetapi karena sedang becermin sehingga seolah-olah pantulan dari burung di cermin tersebut terlihat seperti burung yang satunya. Sehingga bisa diambil makna dari motif batik ini yang memiliki arti sebagai cerminan diri dan instrospeksi diri. Sebagai manusia yang harus senantiasa memperbaiki diri dengan melihat kekurangan dengan menampilkan dirinya dari bayangan cermin.

 

  1. Motif Tampuk Manggis
motif batik tampuk manggis
motif batik tampuk manggis

Batik dengan motif Tampuk Manggis ini menampilkan gambar sebuah penampang yang berisi manggis yang terbelah pada bagian tengahnya sehingga menampakkan kulit luar, daging kulit dan isi buah manggis secara keseluruhan. Penggambaran pada motif batik ini memiliki makna kebaikan budi pekerti dan kehalusan hati seseorang tidak dapat dilihat dari kulit luar saja.

 

  1. Motif Angso Duo Bersayap
motif batik angso duo
motif matik angso duo

Motif batik Jambi Anso Duo Bersayap ini merupakan salah satu motif batik Jambi yang sangat khas. Selain itu, motif batik ini juga tidak terlepas dari legenda masyarakat Jambi. Menurut legenda zaman dahulu, angso duo adalah sepasang angsa yang katanya dipercaya untuk menuntun Puti Mayang Mangurai dan Orang Kayo Hitam ketika mereka hendak mencari tempat tinggal. Pada akhirnya kedua angsa ini membawa mereka ke sebuah daerah untuk membangun negeri baru yang kini dikenal sebagai Kota Jambi.

batik indonesia
Budaya
Batik Indonesia Warisan Budaya Nusantara

Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi serta sudah menjadi ciri khas dari budaya Indonesia.Membatik merupakan salah satu mata pencaharian yang ada dalam kehidupan masyarakat. Ragam corak serta warna batik dipicu oleh sebagian efek dari luar, sebagai misal batik Yogyakarta serta Surakarta sebagai pusat batik Jawa dipicu kehidupan keraton, batik “pesisir” timbul pasal lokasinya Berposisi di area pesisir utara pulau jawa layaknya Cirebon, Indramayu, Lasem, Bakaran, Madura serta lain sebagainya dipicu budaya pedagang serta Bali yang banyak dipicu Hindu Motif batik Nusantara kurang lebihnyamenampilkan unsur alam serta budaya dari area mereka masing-masing. Motif-motif batik di …

batik cirebon
Budaya
Motif Batik Paling Terkenal Di Indonesia

Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawig pada 2 Oktober 2009 silam. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita akan memperingati hari batik Nasional. Hal ini mulai membuat dikenal oleh dunia dan dianggap sebagai tren fashion di kalangan anak muda. Jika dahulu penggunaan batik hanya …

batik nusantara
Budaya
Mengenal 5 Motif Batik Nusantara Selain Jawa

Menyematkan gelar sebagai hasil kekayaan budaya nusantara pada sebuah kain batik tidaklah sembarangan dilakukan. Jika selama ini batik sangat identik dengan tradisi masyarakat Jawa, tidak demikian adanya. Kain tradisional ini bahkan telah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ragam motif yang sangat berbeda dengan batik Jawa, batik-batik dari luar …