5 Cara Membedakan Batik Tulis Dan Batik Printing

batik tulis
Tips




Seiring dengan perkembangan dunia fashion yang semakin membuat batik dilirik oleh semua kalangan. Jika dahulu batik hanya dianggap sebagai pakaian resmi yang hanya cocok dikenakan oleh orang yang lebih tua dan tidak jarang dianggap ketinggalan zaman. Maka sekarang, batik mulai menjadi tren di kalangan anak muda. Bahkan kini, anak muda tidak ragu mengenakan batik dalam kegiatan sehari-hari. Baik untuk kegiatan formal mau pun santai. Sehingga kini teknologi semakin dikembangkan guna memproduksi kain batik lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya adalah dengan kemunculan batik printing.

Meski batik printing dianggap lebih memudahkan cara pembuatan kain batik, akan tetapi batik printing memiliki kekurangan. Di mana kualitas batik printing dianggap lebih rendah dan tidak memiliki unsur seni seperti batik tulis.

Sehingga tidak heran jika masih banyak yang lebih menyukai menggunakan batik tulis dibanding batik printing. Hanya saja, masih banyak yang tidak tahu cara membedakan batik tulis dan batik printing.

Nah, berikut ini akan memberikan 5 cara membedakan batik tulis dan batik printing. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya!

 



  1. Perhatikan Warna Batik

Cara pertama untuk mengetahui apakah batik tersebut merupakan batik tulis atau kah batik printing adalah dengan cara memperhatikan warnanya dengan seksama. Perhatikan warna yang terdapat pada batik tulis biasanya akan menampilkan warna yang lebih solid atau kuat. Selain itu warna yang dihasilkan batik tulis akan lebih natural. Selain itu, jika diperhatikan lagi, batik tulis memiliki warna dan corak yang tidak beraturan dan terkadang tidak terlalu sempurna, hal ini karena batik tulis dibuat dengan cara manual oleh tangan-tangan terampil. Dan inilah yang membuat batik tulis memiliki nilai seni yang tinggi. Dibandingkan dengan batik printing yang memang jika diperhatikan akan menampilkan corak atau motif yang sempurna dan nyaris cacat karena dikerjakan oleh mesin. Akan tetapi warna dari batik printing sendiri terkadang lebih buram dan tidak alami karena warnanya berasal dari bahan sintetik.



  1. Raba Dan Rasakan Tekstur Kainnya

Untuk kain batik tulis apabila dipegang atau diraba maka kainnya akan mudah jatuh dan tidak kaku serta memiliki tekstur yang sangat lembut. Sementara batik printing jika dipegang maka kainnya akan kaku dan memiliki tekstur tang cenderung kasar. Hal ini dikarenakan proses batik printing membuat pewarna yang digunakan hanya menempel pada lapisan luar kain dan tidak meresap hingga ke dalam kain. Berbeda dengan kain batik tulis, di mana pewarna yang digunakan dapat meresap hingga ke bagian dalam kain.

 

  1. Cium Aroma Kain Batiknya

Batik tulis memiliki bau yang sangat khas, yaitu memiliki aroma lilin. Sementara untuk batik printing, biasanya akan mengeluarkan aroma minyak yang sangat kuat dan bahkan cenderung beraroma bahan sintetis.

 

  1. Perhatikan Bagian Sisi Kain Batik

Apabila dibalik batik tulis asli memiliki motif yang hampir sama dengan sisi luarnya. Sementara batik printing apabila diperhatikan sisi bagian dalamnya berbeda jauh motifnya dengan sisi bagian luar.

 

  1. Harga Batik Tulis Lebih Mahal

Harga memang tidak menipu kualitas. Karena batik tulis biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik tulis yang lebih rumit dibanding dengan batik printing. Apalagi nilai seni yang terkandung pada setiap goresan yang terdapat pada batik tulis membuat harga batik tulis tentu lebih mahal. Untuk itu, cara membedakan batik tulis dan batik printing adalah dengan membandingkan harga. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah karena bisa jadi batik tersebut merupakan batik printing. Sehingga kualitasnya jauh lebih rendah dibanding dengan batik tulis.

Sudah tahu kan, bagaimana cara membedakan batik tulis dan batik printing? Semoga artikel ini bermanfaat sehingga anda tidak salah lagi dalam membeli batik. Ingat, untuk selalu menggunakan batik yang memiliki kualitas terbaik.

tips memilih kain batik
Tips
Tips Memilih Batik Dengan Kualitas Terbaik

Pernahkah anda membeli kain batik dan ternyata hasilnya tidak seperti yang anda harapkan, sehingga membuat anda kecewa saat membeli kain batik, karena kualitas yang dimiliki oleh kain batik yang anda beli tidak sebanding dengan harganya. Tidak sedikit orang yang tertipu saat membeli kain bati, karena pengetahuannya mengenai kain batik tidak …

merawat kain batik
Tips
Menjaga Kualitas Kain Batik Tetap Optimal

Kain batik memang memiliki corak yang sangat indah dan menarik dalam masing-masing motifnya. Maka anda harus bisa merawat dengan baik kain batik tersebut agar bisa awet digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu perawatan dan pencucian yang tepat juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak sampai merusak serat kain. Jenis …